Selasa, 05 November 2013

Jakarta Timur : Ratusan Jalan Rusak Segera Diperbaiki

Setidaknya 444 titik jalan rusak di Jakarta Timur akan diperbaiki Sudin PU Jalan Jakarta Timur. Dari jumlah tersebut, sebanyak 360 titik telah diperbaiki sepanjang Januari hingga November 2013 ini. Sedangkan sisanya ditargetkan rampung pada awal Desember mendatang.

Perbaikan titik jalan rusak ini menggunakan dana tak terprediksi. Namun, karena volume masing-masing titik sangat kecil pekerjaan perbaikan itu tidak melibatkan proses lelang. Salah satu jalan yang tengah dalam prose perbaikan itu adalah, jalan Kayumas Tengah 6, Kayuputih, PuloGadung. Perbaikan jalan dengan volume 700 meter ini prosesnya telah mencapai 50 persen. Perbaikan itu sesuai usulan wargta RT 03/09, Kelurahan Kayu Putih.

Jalan dengan lebar sekitar tujuh meter ini sebelumnya memang rusak parah. Hal ini karena genangan air saat hujan deras yang kerap terjadi di jalan tersebut. Terlebih di pinggir kiri dan kanan jalan tersebut tidak tersedia saluran air, sebagaimana mestinya. Akibatnya, aspal jalan rusak tergerus air hujan. "Dari dulu jalan ini memang rusak parah, warga berulangkali mengusulkan agar dilakukan perbaikan. Alhamdulillah baru kali ini didengar dan sekarang dalam proses perbaikan," ujar Mulyono, 45, warga setempat.

Kasie Pemeliharaan Jalan Sudin PU Jalan Jakarta Timur, Ahmad Yazied mengatakan, perbaikan jalan di Jalan Kanyumas Tengah 6 ini merupakan satu dari 444 titik jalan yang sedang diperbaiki tahun ini. Seluruh perbaikan jalan menggunakan dana tak terprediksi tahun 2013. Itu karena volume setiap titik perbaikan terbilang keci, sehingga tidak dilakukan pelelangan.

Info rental mobil Jakarta Timur dengan memberikan harga bersaing.
"Jalan rusak ini umumnya karena tergerus oleh genangan air hujan. Biasanya jalan tersebut di samping kiri kananya tidak tersedia saluran air, sehingga saat hujan air mudah tergenang," ungkapnya.

Hal ini yang membuat aspal jalan cepat tergerus dan rusak. Perbaikannya menggunakan dana tak terprediksi dan setiap titik nilanya berbeda-beda.

Namun, Yazied enggan menyebutkan nilai anggran di setiap titik perbaikan jalan saat ini masih berlangsung. Dikatakan ke-444 titik tersebar di 10 kecamatan di Jakarta TImur. Sebagian jalan ini merupakan hasil laporan dari warga yang mengeluhkan adanya jalan rusak.

Seperti yang terjadi di Jl Kayumas Tengah 6, Kayuputij. Sebagian lagi merupakan hasul penyisiran SUdin PU Jalan Jakarta Timur seperti Jalan Al Hidayat, tepatnya di RT 003-004 RW 05, Kramat Jati, yang telah rampung 50 persen. Kemudian Jl AMD 28, Kramat Jati, Jalan Kelurahan 2, Duren Sawit dan Jalan P2KP RW03 Cipinang Melayu, Makasar.

Selain itu, perbaikan jalan berupa pemeliharaan berat juga dilakukan, yakni dengan layer hotmix di Jalan Wijayakusuma, Duren Sawit, Jalan Pulomas 3. Kemudian Jalan Pelitur 1 dan 2, Pulogadung.


Sumber Media Cetak : Indopos, 5 November 2013, Halaman 5.

Ditulis Oleh : Siti Nurbaya // 21.25
Kategori:

1 komentar:

Posting Komentar