Jumat, 13 Juni 2014

Jakarta Fair Diminati Wisatawan Mancanegara

Ajang pameran terbesar se-Asia Tenggara menargetkan pengunjung 4 juta orang. MJ t ulai hari ini hingga 6 Juli 2014, ajang pameran terakbar se-asia Tenggara akan kembali digelar. Da lam pergelaran ke-47, Jakarta Fair Kemayoran semakin dilirik peminat dari mancanegara. Dalam satu aktivitasnya, Jakarta Fair Kemayoran juga menyerap perhelatan bola paling bergengsi, Piala Dunia 2014.

Sejumlah fasilitas menarik akan diberikan kepada masyarakat yang ikut memeriahkan pameran berskala internasional ini. Ditambah lagi dengan keterlibatan sejumlah pengisi stan dari mancanegara dan ribuan peserta usaha kecil dan menengah (uKM), serta swasta yang datang dari seantero Tanah air.

“akan ada fasilitas menarik untuk penjual ataupun pembeli, pasti meriah. apalagi kenyataannya 3-4 tahun ini banyak pengunjung Jakarta Fair datang dari luar negeri. artinya kita mulai berhasil dengan tujuan diadakannya pameran ini, bahwa tidak hanya menarik minat dari dalam negeri, tetapi juga dari seluruh dunia,“ kata Komisaris PT Jakarta international Expo Murdaya Poo.

Direktur Marketing PT Jakarta international Expo Ralph Scheunemann menambahkan, tahun ini pihaknya berani menargetkan transaksi mencapai Rp4,5 triliun hingga Rp4,7 triliun selama Jakarta Fair Kemayoran berlangsung.

Diprediksi, sekitar 4 juta orang baik dari dalam negeri maupun luar negeri akan datang meramaikan area JiExpo Kemayoran.

“uKM yang hadir di Jakarta Fair Kemayoran lebih banyak daripada yang di Pekan Rakyat milik Pemprov DKi di Monas. Karena itu, transaksi kita targetkan sekitar Rp4,5 triliun-Rp4,7 triliun. Mungkin transaksi itu bisa lebih besar, tapi kita tidak mau muluk-muluk menargetkan itu mengingat tahun ini tahun politik dan ekonomi secara global relatif stuck. untuk target pengunjung sendiri, saya hanya bisa garis bawahi bahwa tahun ini akan lebih baik daripada tahun kemarin. Kalau kita lihat tahun lalu, terjadi perubahan cuaca drastis. Selama 18 hari pameran hujan deras. Tahun ini, kalau cuaca baik, pengunjung kita harap meningkat sampai 4 juta orang,“ jelas Ralph.

Piala Dunia dan Ramadan untuk memberikan kepuasan bagi pengunjung, tahun ini harga tiket masuk Jakarta Fair Kemayoran masih sama seperti tahun sebelumnya. Di hari biasa harga tiket masuk Rp25 ribu, akhir pekan Rp30 ribu, dan spesial setiap hari Senin Rp20 ribu. Pengunjung akan dimanjakan dengan beragam kesempatan undian, doorprize, dan hiburan dari sejumlah artis papan atas ibu Kota.

“Meski biaya operasional yang kami keluarkan tahun ini lebih besar, tiket masuk tidak mengalami kenaikan. Pintu masuk akan dibuka pukul 14.30 WiB hingga tutup pukul 22.00 di hari biasa. Saat weekend buka pukul 10.00 dan tutup pukul 23.00,“ jelas GM Operational PT Jakarta international Expo, Oki Setiawan.

Dengan harga tiket yang tidak berubah, pihaknya memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk mengikuti doorprize berhadiah 11 tiket menonton Piala Dunia di Brasil, 20 tiket menonton pertandingan big match liga Eropa di Barcelona, Milan, dan london, serta undian berhadiah 1 mobil Toyota Fortuner TRD Sport, 4 mobil lain, dan 30 sepeda motor selama Jakarta Fair Kemayoran berlangsung.

“Tahun ini Jakarta Fair bersamaan dengan event Piala Dunia. Selama kurang lebih tiga minggu, suasana Piala Dunia akan ada di Jakarta Fair. Kami siapkan fasilitas siaran langsung yang jam sebelas malam ataupun siaran ulang di sini. Selain itu, pengunjung yang belanja akan dapat kupon untuk ikut main gim ambil lucky dip untuk dapatkan 11 tiket menonton langsung Piala Dunia di Brasil. Satu pemenang bisa menonton dua pertandingan lengkap dengan visa, tiket, dan akomodasi yang akan ditanggung kami. Dari tiket masuk juga akan diundi setiap harinya berhadiah mobil dan sepeda motor,“ jelas Oki.

Selain itu, pihaknya juga memberikan fasilitas tambahan selama bulan Ramadan dengan menyiapkan area salat bersama dan makanan takjil bagi pengunjung untuk berbuka puasa.

“Tahun ini pertama kalinya kami mengalami 8-9 hari bulan puasa. untuk itu, kami sudah siapkan tempat agar masyarakat bisa buka puasa bersamasama, tempat salat di setiap hall, dan dua area salat yang lebih besar yang bisa menampung 500 orang,“ ungkap Direktur Marketing PT Jakarta international Expo Ralph Scheunemann.

lebih lanjut lagi, panggung hiburan juga akan diisi oleh band-band dan musik religi selama bulan puasa ditambah jam tutup yang lebih panjang 1 jam dari hari biasanya.

“Panggung tahun ini tetap dengan dua panggung besar, yaitu satu panggung utama dan satu panggung budaya.

untuk pemprov kita berikan gratis 2.000 meter sebagai kontribusi menyambut ulang tahun Jakarta. Namun bedanya, tahun ini akan ada tausiah sebelum buka puasa dan musik islami selama jam tarawih. Setelah itu baru masuk musik biasa dengan artis top ibu Kota seperti Slank, Gigi, dan iwan Fals. Oh iya, untuk jam buka selama bulan puasa tetap sama, tapi jam tutupnya akan lebih malam sekitar 1 jam,“ tegas Oki. (Ver/J-5) Media Indonesia, 6/6/2014; 22

Ditulis Oleh : Siti Nurbaya // 12.52
Kategori:

2 komentar:

Posting Komentar